Powered by Blogger.

laptop mati tapi led dan fan normal

saat anda ingin menyalakan laptop anda tapi tiba - tiba laptop anda tidak memunculkan gambar apapun tapi led nya menyala normal dan fan (kipas) pun juga berputar dengan baik, bagaimana perasaan anda pasti anda kebinggungan padahal ada banyak data penting yang ada di harddisk anda, nah untuk masalah yang satu ini saya pernah mengalaminya. dan saya pun juga kebingungan sekali saat menyalakan laptop kesayangan saya, padahal sudah terinstall dual os dan di dalamnya sudah ada data data yang penting sekali. saya pun langsung konek inet dan masuk ke forum service laptop yang ada di fb dan hasilnya meraka menyarankan beberapa cara untuk mengidentifikasi permasalahan

  1. coba nyalakan laptop dan pakailah monitor external untuk mengecek apakah vga dari laptop anda normal dan ternyata tetap tidak menyala, jadi kesimpulannya vga saya normal
  2. coba lepas memory (SODIMM / RAM ) dan bersihakan tembaga / plat kuning yang tertempel di memory tersebit dengan karet penghapus dan bersihkan juga slot memory yang ada bi mainboard tersebut kemudian coba pasang lagi atau langsung coba dengan memory yang lain, dan hasilnya laptop saya tetap saja tidak menyala
  3. cabut harddsik dan bersihkan penghubung harddisk tersebut dan hasilnyapun masih nihil
  4. dan akirnya saya coba untuk melepas beberapa komponen yang terpasang di mainboard tersebut dan membersihakan laptop tersebut setelah itu saya biarkan selama 1 hari dan komponen masih belum terpasang keesokan harinya saya mencoba untuk memasang semua komponen dan memasangnya kembali dan alhirnya laptop pun kembali menyala dengan normal
tapi masih ada satu masalah lagi yaitu laptop tidak mau booting ke harddsik dan untuk mengatasinya anda bisa mencoba cara berikut
  1. coba cek harddisk anda apakah terhubung dengan baik atau tidak pastikan harddisk dan penghubungnya tertancap dengan baik, jika perlu lepaskan dan bersihkan slot pada harddisk dan juga pada mainboard
  2. cek harddisk anda dengan komputer lain atau dengan sistem operasi live seperti linux atau anda juga bisa menggunakan hiren boot cd dan lakukan perngecekan harddisk dai sana
  3. jika cara yang pertama dan yang kedua tetap tidak bisa berarti harddisk anda terkena badsector di partisi yang paling depan tetapi badsector yang satu ini dapat di atasi dengan memformat ulang semua pertisi dan artinya anda harus membackup dulu data anda  yang ada di harddisk tersebut. untuk membackup data atau memindah data anda bisa menggukana hiren boot yang disana ada windows xp live cd atau juga bisa dengan meggunakan linux live. setelah data sudah di backup format ulang semua partisi anda dengan menggunakan installer sistem operasi yang akan anda gunakan misalkan anda akan mengistall windows 7 anda bisa membuat partisi ulang harddisk anda disana.